Gereja Kristus Teluk Betung


Visi : Menjadi Gereja yang Misioner. Maju bersama bagi Kristus dengan 1 hati, 1 visi dan 1 gerakan. (Satu bawa satu)

Misi : Menjangkau : jiwa dengan Injil Yesus Kristus Memuridkan: dalam kebenaran Mengutus: Bersaksi"

Ibadah Umum : Minggu - Pkl. 07.00 WIB
Ibadah Pria : Selasa - Pkl 19.00 WIB (minggu I & III)
Ibadah Wanita : Sabtu - Pkl 16.00 WIB
Ibadah Remaja : Minggu - Pkl 10.00 WIB
Ibadah Pemuda : Sabtu Pkl - 19.00 WIB
Ibadah Sekolah Minggu : Minggu Pkl - 10.00 WIB
Ibadah Usia Indah : Minggu Pkl - 16.00 WIB (Minggu III)
Ibadah Keluarga : Minggu Pkl - 16.00 WIB (Setiap Minggu Ke 5)

Alamat

Jl. Pattimura 10, Teluk Betung, Bandar Lampung, 35211

Telepon

(0721) 487585

Email

gerejakristus_telukbetung@yahoo.com

Tahun 1928 – 1929 , Gereja Kristus yang sekarang berdiri di jalan Pattimura no. 10 Bandar Lampung adalah merupakan kelanjutan dari Zending Methodist yang sudah ada sebelum perang dunia II. Kebaktian dimulai dengan menggunakan perumahan di jalan Kakap (kampung Gudang Garam) Tahun 1943 - 1944, saat pendudukan Jepang banyak pemimpin Methodis ditawan oleh pihak Jepang. Dan pelayanan itu diteruskan oleh jemaat dengan menggunakan rumahnya untuk kebaktian, hal ini disponsori oleh Bpk. Tan Kim Tjoan (menggunakan rumahnya di jl. Kalimantan – Telukbetung). Hal inilah yang menjadi awal sejarah berdirinya gereja.

Tahun 1944 saat keadaan aman, tempat kebaktian dilakukan di kediaman Bpk. Pdt. Pattiasina dengan kehadiran jemaat 10 / 15 orang dan yang melayani ialah : Bpk. Pdt. CL. Tobing, Pdt. Pattiasina, GI. Wim Sahertian, Tan Kim Tjoan dan Ang Teck Tjiang. Kira-kira 1 bulan kemudian kebaktian dipindahkan ke Jl. Tenggiri (yang disewa oleh Bpk. Tan Kirn Tjoan) hal ini karena Jepang menginternir orang Ambon, termasuk Pdt. Pattiasina. Selanjutnya dalam kurun waktu 1951 – 1959 , gereja makin berkembang dan diperlukan seorang hamba Tuhan yang fulltime, pada tanggal 9 September 1951, Pdt. Harjowasito membawa seorang GI dari Jogja yaitu GI. Lim Djin Tiang untuk melayani Jemaat CHCTCH – Tetuk betung dan CHCTCH – Metro.

Seiring perkembangannya tahun 1952, jemaat yang memakai bahasa Hokian memisahkan diri dan mendirikan Gereja Tritunggal tapi Bpk. Tan Kim Tjoan dan Bpk Ang Teck Tjiang tetap mempertahankan untuk berbakti di Hotel Bandung dengan nama CHCTCH. Tahun 1953, GI. Lim DjinTiang mengundurkan diri, lalu pelayanan diisi oleh Bpk. Tan Kim Tjoan dan Bpk. Ang Teck Tjiang dan perjamuan kudus serta baptisan dilayani oleh pendeta dari Bogor / Jakarta yaitu Pdt. Khoe Lan Seng dan Pdt. Ang Soen Kauw.

Sebagai pengganti GI. Lim DjinTiang, direkrutlah GI. Ong Tyay Beng pada tanggal 25 November 1959. Keinginan untuk mempunyai gedung gereja sendiri terus digumuli, untuk itu dibentuklah Panitia Pembangunan Gedung Gereja tahun 1960 yang diketuai oleh GI Ong Tyay Beng. Bendahara : Sdri. Oey Kim Siok, Penasehat: Oen Tjeng Yam. Dan sebagai kelengkapan Administrasi, maka tanggl 5 Juli 1961 dibentuk Yayasan Gereja Kristus Tetukbetung. Dan tahun 1961 CHCTCH Chuwee Jakarta telah berubah menjadi Gereja Kristus.

Anggota Sinode

Gereja Kristus

Gereja Kristus Kebayoran Lama

Gereja Kristus Ketapang

Gereja Kristus Petamburan

Gereja Kristus Bojong Indah

Gereja Kristus Jembatan Hitam

Gereja Kristus Taman Kota

Gereja Kristus Taruna

Gereja Kristus Kartini

Gereja Kristus Gunung Putri

Gereja Kristus Ciampea

Gereja Kristus Cibinong

Gereja Kristus Sarua Permai

Gereja Kristus Pamulang

Gereja Kristus Teluk Naga

Gereja Kristus Tanjung Karang

Gereja Kristus Teluk Betung

Gereja Kristus Sukabumi

Gereja Kristus Purwakarta

Gereja Kristus Bandung

Gereja Kristus Gading Serpong

Gereja Kristus Kebayoran Baru

Gereja Kristus Bogor