Gereja Kristus Tanjung Karang


“Menjadi Gereja yang Misioner, maju bersama bagi KRISTUS dengan 1 Hati, 1 Visi, 1 Gerakan "SATU BAWA SATU"”

I : 08.30 WIB
II : 10.30 WIB

Alamat

Komp. Perumahan Bumi Asri, Blok O No. 1, Tanjung Karang Timur, Bandar Lampung

Telepon

(0721) 5603509

Email

gktk_bdl@yahoo.co.id

Latar belakang pendirian ini dimulai pada tahun 1962. Pada tahun itu tepatnya 21 Desember, dimulai adanya persekutuan rumah tangga di rumah sdr. Wong Ngat Fa ( alm ) yang bertempat tinggal di Kota bumi, Lampung Utara. Pada tahun 1963, atas kesepakatan bersama meminta seorang pendeta yang kebetulan sedang bebas tugas dari Gereja Methodist Indonesia. Sehingga pada tanggal 21 November 1965, para pengurus yang terdiri dari sdr. Wong Ngat Fa, Wong Khin Pin, Cen Kin Fen dan Wong Nui Lan menandatangani surat pernyataan yang berisi penyerahan jemaat di bawah pimpinan Pendeta yang bernama Pdt. Timotiwu (alm).
Tahun 1966, Sdr. Yap Yun Chiu (alm), salah seorang jemaat di Kota bumi pindah ke Teluk Betung, dengan kesempatan tersebut, Pdt. Timotiwu membentuk persekutuan rumah tangga yang bertempat di rumah sdr. Yap Yun Chiu di Kebon Pisang, Pasar Kangkung, Teluk Betung. Karena perkembangan pelayanan tesebut, Pdt. Timotiwu lalu dibantu oleh Pdt. Timothy Yosua.

Tahun 1968, jemaat yang sudah ada dengan dipimpin Pdt. Timotiwu dan Pdt. Timothy Yosua sepakat untuk membentuk suatu gereja dengan nama gereja Kristen Injili Lampung (GKIL), dengan pejabat majelis saat itu : Sdr. Yap Yun Chiu, Lirn Fay Hin (alm), Lie Khim Pin dan Chen Kin Fen.

Pada tanggal 7 Desember 1968 dengan prakarsa Pdt. Timotiwu dapat memakai tempat ibadah Gereja Bethel, Injil Sepenuh (sekarang GBI) di jalan Jati negara, yaitu bagi jemaat yang tinggal di Teluk Betung, sedang jemaat yang tinggal di Tanjung Karang melaksanakan ibadah di gedung Gereja Protestan di GPIB ”Marturia”. Karena jemaat belum punya peraturan tetap dan mengalami kesulitan berbagai bidang maka timbullah gagasan untuk menggabungkan diri ke salah satu sinode. Saat itu yang diusulkan antara lain : Persekutuan Gereja Injili di P. Bangka, Gereja Santapan Rohani di Jakarta dan Gereja Kristen Muria. Sementara itu dalam suatu pembicaraan antara Pdt. Timotiwu dan Pdt. Silas Obaja muncul pula usul masuk ke Sinode Gereja Kristus dan hal ini diteruskan ke Sinode Gereja Kristus Jakarta. Dan hal ini disambut positif, dengan mengundang Pdt. Timotiwu untuk hadir sebagai peninjau dalam Konferensi Sinode Gereja Kristus di Jakarta tahun 1968.

Pada tahun berikutnya, yaitu tanggal 14 – 15 Agustus 1969, dalam Konferensi Sinode Gereja Kristus di Teluk Betung, maka Gereja Kristen lnjili Lampung secara resmi diterirna sebagai anggota Sinode Gereja Kristus.

Jemaat ini didewasakan bertepatan dengan peresmian gedung gereja yang baru pada tanggal 1 April 1990. Jemaat dinyatakan resmi menjadi anggota ke-15 dalam jajaran Sinode Gereja Kristus pada saat berlangsungnya Konferensi Sinode Gereja Kristus tanggal 22 – 24 Agustus 1991 di Wisma Kinasih, Caringin Bogor.

Anggota Sinode

Gereja Kristus

Gereja Kristus Kebayoran Lama

Gereja Kristus Ketapang

Gereja Kristus Petamburan

Gereja Kristus Bojong Indah

Gereja Kristus Jembatan Hitam

Gereja Kristus Taman Kota

Gereja Kristus Taruna

Gereja Kristus Kartini

Gereja Kristus Gunung Putri

Gereja Kristus Ciampea

Gereja Kristus Cibinong

Gereja Kristus Sarua Permai

Gereja Kristus Pamulang

Gereja Kristus Teluk Naga

Gereja Kristus Tanjung Karang

Gereja Kristus Teluk Betung

Gereja Kristus Sukabumi

Gereja Kristus Purwakarta

Gereja Kristus Bandung

Gereja Kristus Gading Serpong

Gereja Kristus Kebayoran Baru

Gereja Kristus Bogor