Gereja Kristus Taruna


“Menjadi Gereja yang Misioner, maju bersama bagi KRISTUS dengan 1 Hati, 1 Visi, 1 Gerakan "SATU BAWA SATU"”

I :10.00 WIB

Alamat

Jl. Pangeran Jayakarta, Gg. Taruna, no.27, RT.003, RW.07, Jakarta Pusat, 10730

Telepon

(021) 6018042

Email

cwattimury@gmail.com

Sejarah gereja ini dimulai pada pertengahan tahun 1960, ketika mertua Sdr. Sauw meninggal dunia. Saat itu hadir Pdt. Khoe Lan Seng, Sdr. Nio Tjoei Eng , Sdr. The Soen Liong dalam upacara penguburannya.

Kronologis Sejarah Pertumbuhannya sbb :
Ke-3 Saudara ini digerakkan hatinya oleh Tuhan untuk membuat Pos PI di rumah Kel. Souw, yang berjalannya pos PI ini mulai dari anak Sekolah Minggu yang terus berkembang. Tahun 1962 ada beberapa orang dewasa mengikuti katekisasi dipimpin oleh Sdr. The Soen Liong, dan pada bulan Juli dibaptis sebanyak 17 orang. Hamba Tuhan yang mulai melayani di sini yaitu Sdr. The Soen Liong, Sdr. yusak Wahidin, Sdr. Liem Oen Tjoe dan Sdr. Auw TjungTjing (awal 1961 sampai dengan Desember 1963).

Pada permulaan bulan Januari 1964 s/d akhir 1965, sdr. S. Ch. E. Sudopo telah diutus oleh Majelis Gereja Kristus Ketapang sebagai Guru Injil meneruskan pekerjaan Pos PI Taruna (S.B.K).

Pendeta H. F. Tan dari GK. Ketapang membentuk panitia yang sah pada tanggal 3 September 1967 s/d 1969.

Kira kira bulan September 1966 rumah yang dipakai Pos PI Taruna dibeli oleh Gereja Kristus Ketapang dan yang mengurusnya ialah Sdr. Kian Wie, Sdr. Phoei Koei Liang dan Sdr. Jusak Wahidin. Pembangunan gedung gereja mulai bulan September 1968, yang didukung oleh Gereja Kristus Ketapang dan dibantu oleh para pendeta, majelis serta dermawan dari GK. Ketapang. Yang menjadi panitia pembangunan ialah Sdr. Freddy Natanael dan Sdr. Jusak wahidin, pelaksanan adalah Sdr. Souw Ek Hoat.

Pembangunan selesai pada tanggal 27 Desember 1968 dan diresmikan oleh Pdt. H. F. Tan, dilanjutkan dengan perayaan Natal tahun 1968, jumlah anggota saat itu 67 orang.
Pada tanggal 23 Juli 1970, Majelis Jemaat GK. Ketapang mengganti panitia lama (karena masa jabatannya sudah habis) dengan panitia yang baru, di mana panitia yang baru ini ditugaskan untuk mendewasakan Pos PI menjadi Gereja penuh.
Jumlah anggota sampai saat itu 79 orang. Atas keinginan anggota jemaat serta persetujuan dari Pendeta, Majelis Gereja Kristus Ketapang dan Sinode, akhirnya Pos PI Taruna diresmikan menjadi Gereja penuh dan diberi nama Gereja Kristus Jemaat Taruna pada tanggal 27 Januari 1972.

Anggota Sinode

Gereja Kristus

Gereja Kristus Kebayoran Lama

Gereja Kristus Ketapang

Gereja Kristus Petamburan

Gereja Kristus Bojong Indah

Gereja Kristus Jembatan Hitam

Gereja Kristus Taman Kota

Gereja Kristus Taruna

Gereja Kristus Kartini

Gereja Kristus Gunung Putri

Gereja Kristus Ciampea

Gereja Kristus Cibinong

Gereja Kristus Sarua Permai

Gereja Kristus Pamulang

Gereja Kristus Teluk Naga

Gereja Kristus Tanjung Karang

Gereja Kristus Teluk Betung

Gereja Kristus Sukabumi

Gereja Kristus Purwakarta

Gereja Kristus Bandung

Gereja Kristus Gading Serpong

Gereja Kristus Kebayoran Baru

Gereja Kristus Bogor